Dua kalimat paling inspiratif :
“Failed
to get a job is better than getting a job but failed to carry out the duties of
the job” (Gagal mendapatkan pekerjaan lebih baik
daripada mendapatkan pekerjaan tapi tidak dapat melaksanakan tugas
yang diberikan
dengan baik)
– JEFFREY R. IMMELT
“To drive business result by understanding
consumer needs, constantly innovating and making truly delicious foods” (Untuk mencapai hasil yang diinginkan, bisnis
dijalankan dengan memahami kebutuhan konsumen, secara kontinyu berinovasi dan
menciptakan makanan yang benar-benar lezat)
– IRENE B. ROSENFELD
Tayangan video CEO Exchange pada Kelas Manajemen Pemasaran EK10 tanggal 27 November 2012 lalu memberikan banyak inspirasi bagi saya. Dua CEO tersebut membawa dua
perusahaan terkemuka (General Electric
Co. dan Kraft Foods, Inc.) ke dalam era modern.
Jeff R. Immelt menanamkan
investasi pada General
Electric Co. dengan mengembangkan infrastruktur energi terbarukan melalui konsep ECOIMAGINATION
dengan menggunakan teknologi ramah lingkungan. Sedangkan Irene B. Rosenfeld memiliki ide dengan memperluas
pasar untuk merek seperti Velveeta, Jell-O, Oreo dan Oscar Mayer, sementara
mengembangkan lini baru dari
makanan sehat dan produk makanan dalam
kemasan. Kedua CEO tersebut mendedikasikan dirinya untuk meningkatkan dan
mengembangkan gaya hidup sehat bagi konsumennya di seluruh dunia.
Pernyataan Jeffrey R. Immelt (CEO & Chairman of General Electric Co.) bahwa “Failed
to get a job is better than getting a job but failed to carry out the duties of
the job”. Pernyataan tersebut menggambarkan besarnya tanggung jawab yang harus diemban oleh Jeffrey R. Immelt sebagai seorang pimpinan perusahaan terkemuka (General Electric Co.), hingga membawanya sebagai salah satu CEO terbaik di
dunia. “Setiap manusia tidak terlepas dari
posisinya baik sebagai leader maupun
karyawan, harus tahu kapan saatnya menjadi
pemimpin dan kapan menjadi pengikut”.
Irene B. Rosenfeld (CEO & Chairwoman of Kraft Food, Inc.), juga menginspirasi saya, bagaimana
seorang wanita yang dapat menjadi pemimpin dalam perusahaan terkemuka, turut memberikan kontribusi yang besar pada kemajuan
perusahaan, memberikan perhatian kepada hal-hal detail yang dapat menentukan keberhasilan perusahaan, serta
kesediaannya untuk turun langsung mengamati perilaku konsumen produknya. See people (customer) from your “own eyes”. Beliau melakukan pekerjaannya dengan passion
(hasrat), bersungguh-sungguh, selalu memanfaatkan peluang, serta berprinsip
bahwa belajar dengan orang yang berpengalaman akan
meningkatkan jiwa kepemimpinan dalam diri seseorang.
Konsep Pemasaran yang bisa diambil dari tayangan tersebut, antara
lain adalah sebagai berikut :
- Keberanian dengan penuh keyakinan dalam mengambil keputusan. Hal ini ditunjukkan oleh CEO Jeffrey R. Immelt yang sangat berani mengambil keputusan untuk menanamkan investasi yang begitu besar di bidang energi terbarukan seperti solar cell dan tenaga angin. Tujuan investasi ini diharapkan memberikan kehidupan yang lebih baik kepada masyarakat di masa depan.
- Diversifikasi produk yang dilakukan oleh General Electric Co. dan Kraft Food, Inc. berdampak positif yang ditunjukkan dengan peningkatan nilai penjualan produk kedua perusahaan tersebut.
- Inovasi selalu dilakukan oleh General Electric Co. dan Kraft Food, Inc. dalam rangka mengembangkan produknya. Kraft Food, Inc. melakukan inovasi dengan terus memperbarui merek produk Kraft Food, Inc., berdasarkan studi bahwa perlu setidaknya 19 detik bagi konsumen untuk memandang produk sebelum akhirnya memutuskan membeli. Sehingga harus ditemukan cara agar produk tersebut lebih menarik minat konsumen. General Electric Co. juga melakukan inovasi tanpa henti dengan cara menanamkan investasi, misalnya di bidang solar cell dan bidang lainnya dengan tetap peduli pada kelestarian lingkungan.
- Menguasai detail pekerjaan, seperti penyusunan atau display produk Kraft Foods, Inc. di minimarket, serta berinteraksi langsung dengan para pelanggan/konsumen untuk mengetahui keinginan mereka terhadap produk yang dikonsumsi. Perusahaan harus bisa lebih fleksibel agar mampu memenuhi keinginan konsumen untuk merebut marketshare.
- Research and Development selalu dilakukan secara berkala dan kontinyu,dengan tujuan untuk menangkap peluang bisnis di masa depan, dilandasi upaya untuk memahami dan mengidentifikasi keinginan serta kebutuhan konsumen, sehingga menciptakan konsumen yang loyal dan citra perusahaan yang baik di mata konsumen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar